Whatsapp: 0812 1898 6359
Email: cs@indonoot.com
Keranjang Belanja 0

10 Tips Menghilangkan Stres

10 Tips Menghilangkan Stres

Stres merupakan gangguan emosional atau kekacauan mental akibat  reaksi dari lingkungan sekitar (baca: luar). Stres adalah sakit kejiwaan yang menimpa jiwa seseorang yang disertai tindakan dan prilaku yang berbeda dengan kebanyakan orang normal. Tingkatan dan jenis stres juga bervariasi sesuai dengan problema yang dialami oleh orang yang sedang mengalami stres. Tapi secara umum, stres juga sering tidak disadari, namun orang yang melihat tindakan maupun prilaku kita yang akan menilai bahwa kita sedang mengalami stres.

            Stres bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang status dan pendidikan. Karena stres tetap menyertai semua orang yang kurang kuat managemen emosionalnya, ditambah lagi beban atau ujian dalam hidupnya semakin berat dan tidak mudah diatasi dengan kapasitas yang dimilikinya. Stres juga timbul akibat imajinasi liar yang terlalu melampaui batas kemampuan rata-rata manusia yang gagal terealisasikan pada kehidupan nyata.

10 Tips Menghilangkan Stres

  1. Realistis

Menjalani hidup ini harus relistis, tidak bisa hidup dengan mimpi-mimpi atau angan-angan yang tak berujung. Kesibukan adalah awal dari terwujudnya segala impian yang kita harapkan, dan cita-cita yang kita ingin gapai. Realistis di sini kita harus benar-benar hidup di alam nyata, dan menjalani hidup apa adanya yang harus kita kerjakan asalkan positif dan bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan. Semakin banyak kesibukan yang kita kerjakan, maka segala presaan yang memicu kita jadi stres menjauh dari kehidupan kita.

  1. Pahami diri sendiri

Orang yang paling fahan akan seluk-beluk diri kita adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu, kenalilah diri kita sendiri dengan baik dan wujudkanlah sesuai dengan kehendak diri kita, sesuai dengan prinsip hidup kita, maka jalan hidup kita akan terasa lebih ringan dan problema yang kita hadapi pun sudah menjadi konsekuensi bagi kita, sudah menjadi wajib untuk kita terima dan jalani dengan lapang hati dan pikiran yang optimis, sekuat mampu kita.

  1. Sibuk memperbaiki diri

Banyak sekali orang yang pintar mengurus seluk-beluk urusan orang lain, yang sebenarnya kita tidak penting untuk terlibat, namun itulah kebiasaan kita selama ini yang terus terpelihara. Bukan tidak boleh untuk ambil tahu urusan orang lain, tapi kalau bukan porsi kita, mengapa kita mesti terlibat? Lebih baik kita sibuk dengan urusan kita pribadi, perbaiki diri kita sendiri, sudah baikkah diri kita, sudah pantaskah apa yang telah kita lakukan untuk diri kita sendiri? Pertnyaan seperti ini harus kita jawab dan realisasikan dalam kehidupan kita. Tidak terlalu masalah jika kita sibuk memperbaiki diri kita, nanti manfaat dan faidahnya, kita sendiri yang akan menikmatinya.

  1. Terlibat di lingkungan sosial

Aktivitas sosial yang bermanfaat bagi perkembangan pola pikir kita sangat menentukan kepribadian kita. Kita harus aktif terlibat dalam kehidupan sosial, karena di sana kita banyak belajar hal-hal yang tidak bisa kita dapatkan sendirian. Orang-orang sekitar kita akan dengan senang dan terbuka menerima diri kita apa adanya, sehingga kita bisa saling tukar pikiran, diskusi dan hal apa saja yang sifatnya saling membantu dalam kebaikan.

  1. Bergaul dengan lingkungan yang sehat

Emang tubuh kita saja yang harus sehat? Lingkungan tempat kita bergaul pun juga harus sehat. Jadi kita harus jelih dalam menyikapi pergaulan di sekitar kita. Bukan tidak boleh bergaul dengan siapa saja, tapi kita punya prinsip hidup yang harus kita patuhi dan kita jalankan, agar tujuan hidup kita terwujud dengan kelegahan hati dan memuaskan. Lingkungan adalah faktor yang banyak mempengaruhi gaya hidup seseorang, jika lingkungan yang tidak sesuai dengan prinsip kita, masalah-masalah sosial akan banyak muncul dan bisa memicu datangnya stres. Jadi hati-hatilah dengan lingkungan sekitar kita, mesti aman secara fisik dan kemanan yang sifatnya non fisik (baca: pengaruh sosial) yang bisa menjerumuskan hidup kita.

  1. Belajar

Jika kita seorang pelajar atau mahasiswa, gunakanlah masa tersebut untuk menimba ilmu sebanyak mungkin. Lagi-lagi ni, capek dan lelah menimba ilmu gak ada salah dan dosanya, jadi streslah dalam belajar, maka pelajaran itu akan masuk ke dalam otak kita. Itu kata motivator, jika kita fokus lawan, stres yang melanda itu akan lari sendiri, dan prestasi apa yang kita inginkan  itu akan datang.

  1. Bekerja

Jika kita seorang karyawan yang sekarang lagi bekerja, maka fokuslah dalam bekerja, jangan malas dan membuang-buang waktu, tenaga dan pikiran di tempat kerja. Kepadatan aktivitas kerja membuat kita lupa akan hal-hal sepele yang mampir ke otak kita, sehingga otak kita selalu bekerja berdasarkan target dan prioritas yang harus kita selesaikan. Bukan mengahabiskan waktu memikirkan masalah yang tidak berkaitan dengan urusan kerja kita. Stres dengan masalah di rumah akan hilang sendiri, karena ketika kita sudah memulai dengan kesibukan-kesibukan kerja, maka fokus kita akan beralih pada pekerjaan.

  1. Rekreasi

Ya, rekreasi akan menjadi alternatif bagi kita yang sedang dilanda stres. Dengan rekreasi tersebut otak kita akan terefresh kembali dan kosong dari problema-problema yang sedang kita hadapi. Selain itu, dengan rekreasi ke tempat-tempat yang sejuk dan pemandangan yang menyegarkan mata kita, akan menghadirkan rasa atau kesadaran pada diri kita, akan kebesaran alam yang terbentang luas di bumi tempat kita berpijak. Melihat betapa luasnya alam ini, membuka pikiran kita, bahwa masalah-masalah yang sedang kita hadapi selama ini adalah sangat kecil dan memang kecil sekali, dibandingkan dengan alam yang terbentang luas.

  1. Ibadah

Ibada sebagai media kita untuk berinteraksi kepada tuhan yang menciptakan dan memelihari kita tanpa henti. Menyadari akan hal tersebut, mengapa kita lupakan Dia yang menciptakan kita dan memelihara kita? Kita harus senantiasa dekat denganNya, agar hidup kita selalu dituntun olehNya. Stres yang kita hadapi, itu adalah ciptaan Dia juga, lalu mengapa kita jadi angkuh dan sombong untuk mengaduh kepadaNya agar diringankan problema-problema hidup kita.

Stres merupakan dimensi batin manusia, tidak ada manusia (baca: paling cerdas) pun yang faham betul dengan misteri kemanusiaan. Karena jawaban-jawaban itu memang tidak diajarkan kepada manusia seutuhnya, melainkan ada Tuhan yang memegang dan mengatur akan hal-hal gaib tersebut. Ibadah yang kita lakukan, akan menjadi mediasi kita mengenal dan dikenal oleh Tuhan. Jika Tuhan telah mengenal kita, maka segala problema dalam hidup kita akan dijauhiNya, dan kita diselamatkan dari penyakit stres.

  1. Syukur

Rasa syukur akan menuntun kita untuk rela dan ikhlas dalam menerima segala kenyataan hidup. Jika kita diuji rasa stres dengan masalah kerja, kita masih bisa bersyukur punya pekerjaan. Jika kita pelajar, sangat lebih patut kita bersyukur, karena diluar sana ada banyak orang-orang yang tidak bisa sekolah atau harus putus sekolah karena keterbatasan tubuh (baca: cacat) maupun ekonomi.

10 Tips Menghilangkan Stres

Demikian tips-tips yang dapat kita jalankan agar kita bisa menghilangkan beban stres yang sedang kita alami. Setidaknya membantu meringankan, jika tidak sampai menghilangkan stres kita secara total, karena tidak ada orang yang benar-benar bebas dari yang namanya stres. Hanya tingkatan dan problema serta cara menyikapi stres yang dihadapi oleh masing-masing oranglah yang membedakannya.

Jika kita telah aktif mengatasi stres dengan pedoman-pedoman di atas, maka alangkah baiknya jika kita iringi juga dengan memperbaiki diri kita mulai dari dalam tubuh kita. Organ tubuh kita yang paling vital, dan dominan mempengaruhi gaya hidup kita adalah otak. Otak kita harus diobati dan di berikan vitamin yang mampu memelihara dan mengoptimalkan kinerja otak kita. Caranya dengan mengkonsumsi suplemen khusus otak yang telah benar-benar dipercaya mampu untuk membantu meningkatkan kualitas dan kapasitas otak orang-orang yang rutin mengkonsumsinya.

Kunjungi Segera Toko Online Kami

Nootropics merupakan solusi suplemen terbaik untuk meningkatkan kinerja otak dan sangat dibutuhkan untuk meroket prestasi belajar. Segera pesan sekarang juga, klik halaman websites kami : www.indonoot.com, dan beli produk-produk Nootropics agar kualitas hidup kita menjadi lebih baik. Karena dengan mengkonsumsi Nootropics secara rutin dalam jangka panjang, akan berdampak baik pada saraf-saraf otak kita, dan memberikan efek yang luar biasa mampu menghilangkan stres.



Older Post Newer Post


Leave a comment