Whatsapp: 0812 1898 6359
Email: cs@indonoot.com
Keranjang Belanja 0

5 Cara Agar Kita Fokus Saat Belajar

5 CARA AGAR KITA FOKUS SAAT BELAJAR 

Fokus  merupakan modal penting  dalam  belajar.  Jika  kita  mengikuti pelajaran dengan fokus dan konsentrasi terhadap materi yang sedang dijelaskan oleh guru di kelas, maka kita benar-benar mampu menyerap informasi (baca: materi) dengan sempurna.

Banyak sekali kiat atau cara agar kita bisa fokus saat belajar, namun kendalanya adalah kurangnya komitmen kita untuk menerapkannya secara terus-menerus tanpa bosan dan menyerah, sampai hasil belajar yang dicapai benar-benar memuaskan.

Oleh karena itu, banyak sekali nasihat yang disampaikan oleh praktisi pendidikan maupun motivator terkenal untuk memberikan penyegaran secara terus menerus untuk memberikan pencerahan melalui gagasan yang disampaikannya. Kaya sekali kita akan motivasi-motivasi agar prestasi belajar kita meningkat. Salah satunya tulisan ini akan mengajak kita yang membacanya, untuk mengambil pelajaran dan mempraktikkannya dalam belajar, jika ada yang sesuai dengan pandangan kita.

 5 Cara agar Fokus dalam Belajar

  1. Memuat ringkasan materi pelajaran

 Membuat ringkasan materi pelajaran (baca: resume) sangat efektif agar belajar kita jadi semakin fokus. Karena saat menyusun resume otak kita diajak kembali kembali mereview materi-materi pelajaran yang sudah kita ikuti, dan mengandung pembahasan yang pernah disampaikan oleh guru di kelas.

  1. Memahami konteks materi

 Belajar dengan mengedepankan untuk memahami konteks dari uraian materi pelajaran. Agar kita lebih fokus dalam memandang lingkup materi yang sedang kita pelajari, maka tidak menutup kemungkinan, jika kita mampu memahami konteks materi, maka kita akan lebih kaya penguasaan materi, karena kita bisa mengakses dan menemukan objek (baca: materi) dari mana saja dan kapan saja. Sehingga kita lebih aktif dalam belajar, jika itu yang kita lakukan, maka itu artinya kita sudah lumayan fokus dalam belajar.

5 Cara Agar Kita Fokus Saat Belajar

  1. Jangan menghafal

 Hanya fokus menghafal materi saja, akan bisa berakibat fatal. Karena materi yang kita pelajari akan keluar pada saat ujian dalam kontek dan uraian yang kemungkinan berbeda. Ini banyak terjadi pada pelajaran yang bersifat pemahaman dan penguasaan pada materi pelajaran, bukan materi hafalan.

  1. Membuat kode yang mudah diingat

Membuat kode yang mudah untuk dihafal untuk mengingat rincian materi pelajaran sangat efektif dalam mempertajam daya ingatan kita. Tapi, saat kita ingin mengingat kode-kode atau rumus yang telah kita susun, maka kita terlebih dahulu harus fokus dan konsentrasi untuk mengingat rincian resume kita sendiri.

5.  Membaca banyak referensi

Belajar sambil membaca banyak sumber referensi materi sangat bagus untuk meningkatkan kualitas konsentrasi belajar kita. Karena tidak terbatasnya materi pelajaran di hadapan kita akan membuat fokus belajar kita semakin meningkat karena suasana belajar yang tidak membosankan.

Demikianlah cara-cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa fokus saat belajar. Sebenarnya masih banyak, namun uraian di atas telah mewakili tips-tips yang akan menuntun kita untuk fokus saat belajar. Tidak menutup kemungkinan, tips tersebut diperkaya lagi dengan mempertimbangkan aspek kesehatan pada otak kita. Misalnya kita juga mengkonsumsi suplemen-suplemen yang dapat membantu kinerja otak kita agar selalu sehat dan cerdas.

Kunjungi Segera Toko Online Kami

Nootropics merupakan solusi suplemen terbaik untuk meningkatkan kinerja otak dan sangat dibutuhkan untuk meroket prestasi belajar. Tunggu apalagi? Segera pesan sekarang juga, klik halaman websites kami : www.indonoot.com, dan beli produk-produk Nootropics agar kualitas hidup kita menjadi lebih baik. Karena dengan mengkonsumsi Nootropics secara rutin dalam jangka panjang, akan berdampak baik pada saraf-saraf otak kita, dan memberikan efek positif bagi kita yang rutin mengkonsumsinya, yakni meningkatkan rasa fokus dalam belajar


Older Post Newer Post


Leave a comment