Whatsapp: 0812 1898 6359
Email: cs@indonoot.com
Keranjang Belanja 0

Gray Matter White Matter

Gray Matter nootropic supplemen otak White Matter

Meskipun pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam kecerdasan secara umum antara jenis kelamin, sebuah studi UC Irvine telah menemukan perbedaan yang cukup berarti pada area otak di mana pria dan wanita mewujudkan kecerdasan mereka.


Studi tersebut menunjukkan bahwa wanita memiliki lebih banyak materi putih (white matter) dan pria memiliki materi abu-abu (gray matter) lebih banyak terkait kepintaran intelektual, mengungkapkan bahwa tidak ada satupun struktur neuroanatomis yang menentukan kecerdasan umum dan berbagai jenis desain otak mampu menghasilkan kinerja intelektual yang setara.

"Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi manusia telah menciptakan dua jenis otak yang berbeda yang dirancang untuk perilaku yang sama cerdasnya," kata Richard Haier, profesor psikologi di Departemen Pediatri dan peneliti senior kecerdasan manusia, yang memimpin penelitian tersebut dengan rekan-rekannya di UCI dan University of New Mexico "Selain itu, dengan menunjukkan dengan tepat bidang intelijen berbasis gender ini, penelitian ini memiliki potensi untuk membantu penelitian tentang demensia dan penyakit kognitif lainnya di otak."

Secara umum, pria memiliki sekitar 6,5 kali jumlah gray matter yang terkait dengan kecerdasan umum daripada wanita, dan wanita memiliki hampir 10 kali jumlah white matter yang berkaitan dengan kecerdasan daripada pria. Materi abu-abu atau gray matter ini mewakili pusat pemrosesan informasi di otak, dan materi putih atau white matter mewakili jaringan - atau hubungan antara - pusat pemrosesan ini.

Menurut Rex Jung, seorang ahli neuropsikologi UNM dan penulis studi, hal ini menjelaskan mengapa pria cenderung unggul dalam pekerjaan yang membutuhkan pemrosesan lokal lebih banyak (seperti matematika), sementara wanita cenderung unggul dalam mengintegrasikan dan mengasimilasi informasi seperti bahasa. Kedua jalur neurologis dan pusat aktivitas yang berbeda ini,  menghasilkan kinerja keseluruhan yang setara berdasarkan tolok ukur kemampuan kognitif.

Studi ini juga mengenali perbedaan area kecerdasan. Misalnya, 84 persen wilayah gray matter dan 86 persen wilayah white matter  yang terlibat dengan kinerja intelektual pada wanita ditemukan di frontal lobe (bagian depan otak), dibandingkan pada pria yang hanya 45 persen dan nol persen. Gray matter yang mendorong kinerja intelektual pria didistribusikan ke seluruh otak.

Menurut para peneliti, penemuan bahwa pemrosesan intelijensia wanita yang terpusat di bagian depan otak konsisten dengan temuan klinis bahwa cedera otak frontal dapat lebih merugikan kinerja kognitif pada wanita daripada pria. Studi seperti ini, Haier dan Jung menambahkan, suatu hari nanti dapat membantu proses diagnosis awal kelainan otak pada pria dan wanita, serta protokol pengobatan yang lebih efektif dan tepat untuk mengatasi kerusakan pada daerah tertentu di otak.

Untuk penelitian ini, UCI dan UNM menggabungkan teknologi neuroimaging dan subjek studi masing-masing untuk mempelajari morfologi otak dengan magnetic resonance imaging (MRI). Pemindaian MRI dan pengujian kognitif melibatkan subjek di UCI dan UNM. Dengan menggunakan teknik yang disebut morfometri berbasis voxel, Haier dan rekan UCI-nya mengubah gambar MRI ini menjadi "peta" otak struktural yang menghubungkan volume jaringan otak dengan IQ.

Dr. Michael T. Alkire dan Kevin Kepala UCI dan Ronald A. Yeo dari UNM berpartisipasi dalam penelitian ini, yang sebagian didukung oleh National Institute of Child Health and Human Development.

Tentang University of California, Irvine: Universitas California, Irvine adalah universitas negeri dengan peringkat teratas yang didedikasikan untuk penelitian, beasiswa dan pengabdian masyarakat. Didirikan pada tahun 1965, UCI adalah salah satu kampus Universitas California yang paling cepat berkembang, dengan lebih dari 24.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana dan sekitar 1.400 anggota fakultas. Sebagai penyedia lapangan kerja kedua terbesar di Orange County yang dinamis, UCI memberikan kontribusi ekonomi tahunan sebesar $ 3 miliar.

[powr-hit-counter id=27c7802a_1493399908]



Older Post


  • QAdFVTaGpz on

    zYAwUIdGlr

  • DynjJvegAFxt on

    tafiXszhEWRboNe

  • CwLdoRWbB on

    WoQdkFMz

  • NxOJoECKLe on

    XDdaPVSTt

  • ovjFMmGRnSU on

    gtoYvsrxT



Leave a comment